IKA UMAHA SIDOARJO; Kerjasama dengan Bawaslu Provinsi Jawa Timur Perkuat Pengawasan Politik Uang di Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Jawa Timur

Sidoarjo – Rabu, 14 Oktober 2020, Bawaslu Provinsi Jawa Timur dalam pengawasan masa kampanye sampai masa tenang melakukan penguatan pengawasan partisipatif dalam bentuk penandatangan kerjasama dengan 6 (enam) lembaga atau organisasi di wilayah Jawa Timur, salah satunya Ikatan Alumni Universitas Maarif Hasyim Latif (Ika Umaha) Sidoarjo Jawa Timur.

Salah satu point krusial dalam kerjasama ini tentang Pendidikan demokrasi, yang sasaran utamanya organisasi Kemahasiswaan dan Kepemudaan.

Diantaranya melalui sekolah kader pengawasan partisipatif
(SKPP), pelatihan teknis bagi relawan-relawan yang ingin melakukan pemantauan Pilkada dan Sosialisasi terkait isu-isu politik uang, netralitas ASN, hak pilih, penerapan protocol Covid diisetiap aktitas kampanye.

Maulana Hasun ketua IKA Umaha menyatakan “kerjasama ini untuk memberikan pendidikan kepada Alumni tentang pentingnya partisipasi dalam sebuah proses demokrasi dalam Pilkada”.

Di sisi lain, alumni IKA Umaha yang tersebar di 19 Kabupatan/Kota diharapkan ikut aktif berpatisipasi dalam memberikan pendidikan politik, sosialisasi kepada Masyarakat dan melaporan jika ada praktek dugaan pelanggaran politik uang.Sehingga tahapan dan pelaksanaan pemilukada benar-benar terwujud sesuai dengan amanah dan peraturan perundang-undangan.(fah)

Tinggalkan komentar